Peran-pendidikan-warga-negara-dalam-bela-negara

Peran pendidikan warga negara dalam bela negara

Pendidikan kewarganegaraan harus diajarkan sejak dini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Pelajaran tersebut termasuk dalam kurikulum wajib yang harus diajarkan pada setiap jenjang pendidikan.

Dalam kehidupan bernegara, pendidikan politik tidak hanya berperan memperkuat rasa cinta tanah air, tetapi juga dibutuhkan untuk bela negara.

Situs web Dewan Perlawanan Nasional Republik Indonesia melaporkan bahwa bela negara

adalah konsep patriotisme yang disatukan oleh pembuat undang-undang dan pejabat negara untuk mempertahankan eksistensi suatu negara.

Bela negara merupakan kewajiban bagi semua orang tanpa terkecuali. Bela negara tidak selalu diartikan sebagai tindakan fisik memerangi agresi, tetapi dapat juga dilakukan melalui peran aktif dalam memajukan bangsa dan negara.

Baca juga: Bentuk dan Contoh Bela Negara
Upaya bela negara

Agar semua itu tercapai, pendidikan politik menjadi sangat penting. Apa perannya?

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Dalam Pasal 9 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, selain latihan kemiliteran, pengabdian sebagai prajurit TNI dan pasca-pendudukan, pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu upaya bela negara.

Tina Septiana menulis dalam Pembelajaran Bela Negara dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Mahasiswa STKIP PGRI Kota Sukabumi (2020) bahwa PKn merupakan upaya bela negara secara non fisik.

Dalam hal ini, pendidikan politik membantu memperkuat kesadaran dan cinta tanah air.

Kelas-kelas ini mulai dari dasar hingga pendidikan tinggi dan termasuk dalam kurikulum.

Dari jurnal Pendidikan Pendahuluan Bela Negara melalui Pendidikan Kewarganegaraan (2020) oleh Asep Dahliyana dkk. Mengutip pendidikan kewarganegaraan juga berperan dalam menciptakan warga negara yang memiliki jiwa rela berkorban dan setia pada ideologi negara.

Baca juga: Bela Tanah: Tujuan, Fitur dan Manfaat

Pendidikan kewarganegaraan juga berperan dalam mempertahankan diri dari berbagai bentuk ancaman dan tantangan yang sangat berbahaya bagi suatu negara. Misalnya perubahan ideologi yang dapat mengancam keutuhan dan kesatuan negara.

Secara ringkas, peran pendidikan kewarganegaraan dalam bela negara adalah:

Merupakan upaya atau bentuk bela negara non fisik.
Memperkuat kesadaran dan cinta tanah air. Dalam kehidupan sehari-hari, hal ini dapat diterapkan dengan membeli dan menggunakan produk dalam negeri atau lainnya.
Menciptakan warga negara yang memiliki jiwa rela berkorban dan loyalitas terhadap ideologi negaranya.
Menangkis berbagai ancaman dan tantangan yang sangat berbahaya bagi suatu negara. Misalnya ancaman perubahan ideologi dan lain-lain.

LIHAT JUGA :

https://indi4.id/
https://connectindonesia.id/
https://nahdlatululama.id/
https://www.bankjabarbanten.co.id/
https://ipc-hm2020.id/
https://sinergimahadataui.id/

Leave a Comment